Mau sukses kayak Wal-Mart ? Meeting rutin lah setiap Sabtu jam 6 pagi !

Saya sering ngebayangin kunci sukses perusahaan-perusahaan ngetop itu kayak lagi nonton film Hollywood : ada satu superhero yang melakukan hal yang super dahsyat untuk membuat sebuah perubahan besar. Pada kenyataannya setelah membaca sana-sini, rata-rata kunci sukses perusahaan-perusahaan ngetop itu lebih karena mereka melakukan satu hal yang sebenernya nggak aneh-aneh banget, tapi sukses jadi pembeda dan dilakukan dengan konsisten. Lebih lucunya lagi rata-rata mereka nggak nyadar bahwa hal itu jadi kunci sukses di masa depan. Kalo ditanya lebih lanjut, mereka nyebut anugerah Yang Maha Kuasa atau keberuntungan atau sebangsa itulah.

Continue reading

Advertisements

Sembilan hal yang dilakukan orang sukses

Banyak yang berfikir salah satu penentu kesuksesan orang itu adalah karena bakat dan kemampuan (bisa ilmu atau pengalaman) yang sudah dimilikinya. Kalo menurut pengamatan Motivational Psychologist kayak Heidi Grant Halvorson sih ternyata nggak sepenuhnya betul. Argumen dia gampang aja..sehebat-hebatnya orang, begitu ditanya kunci kesuksesannya (atau kegagalan), biasanya jawabannya nggak memuaskan 🙂 Nggak gitu nyambung berarti, kan ?

Nah, terus ? Continue reading

Socialnomics : Social Media dan apa yang diubahnya dari hidup kita

Demam Social Media emang udah kerasa dimana-mana. Yang sering nggak disadari itu impact-nya ke dalam kehidupan. Biasanya sih ilmu yang menganalisis motif-motif orang melakukan sesuatu itu adalah ilmu ekonomi. Dan ternyata ada banyak hal menarik yang bisa dikaitkan antara Social Media dan Ecomomics. Itulah awalnya ada istilah Socialnomics.

Continue reading

Membuat presentasi itu bukan cuma urusan membuat slide..

Ada satu lagi buku menarik. Judulnya “HBR Guide to Persuasive Presentations”. Yang nulis Nancy Duarte. Dia punya perusahaan yang kerjaannya menarik. Dalam bahasa saya kerjaannya adalah : nerima order membuatkan presentasi secara profesional 🙂 Plus tentunya dia memang seorang presenter yang sangat berpengalaman. Nah, pengalamannya membuat dan membawakan presentasi secara profesional itulah yang dia share di buku ini. Continue reading