Inovasi (reality bites..)

Ada banyak orang masih membayangkan bahwa inovasi itu terkait penemuan orang-orang jenius semacam Archimedes yang dapat ide waktu lagi di bak mandi terus teriak-teriak ‘Eureka’ sambil lari telanjang keliling kota atau seperti Newton yang menemukan prinsip gravitasi waktu ketimpa buah apel.

Masalahnya… sejenius-jeniusnya seseorang, jaman sekarang itu jaman kolaborasi. Nggak cukup menemukan sesuatu dari satu otak jenius orang terus dijamin bahwa penemuan itu bisa jadi sesuatu yang bermanfaat dan dipake orang banyak.

Continue reading

Kerendahan hati CEO tersukses

Kalo saya disuruh milih buku favorit di antara mungkin ratusan buku setipe yang udah pernah dibaca, jawaban saya masih sama : Winning-nya Jack Welch. Tadinya saya pikir lebih karena masalah cara nulis dan istri merangkap editornya yang jago aja. Tapi belakangan saya baru sadar, buat saya tulisan yang paling menginspirasi itu adalah tulisan para mantan CEO top..

Continue reading

Sembilan hal yang dilakukan orang sukses

Banyak yang berfikir salah satu penentu kesuksesan orang itu adalah karena bakat dan kemampuan (bisa ilmu atau pengalaman) yang sudah dimilikinya. Kalo menurut pengamatan Motivational Psychologist kayak Heidi Grant Halvorson sih ternyata nggak sepenuhnya betul. Argumen dia gampang aja..sehebat-hebatnya orang, begitu ditanya kunci kesuksesannya (atau kegagalan), biasanya jawabannya nggak memuaskan šŸ™‚ Nggak gitu nyambung berarti, kan ?

Nah, terus ? Continue reading

Susah cari kerja karena lapangan kerja sempit ? Nggak benar !

Sekitar setahun yang lalu, saya diundang bicara di depan rektor-rektor dan kepala-kepala sekolah Muhammadiyah se-Indonesia di Yogyakarta untuk sebuah seminar.
Topik seminarnya menarik : Employability. Kosa kata baru buat saya waktu itu.

Penjelasannya begini..
Para fresh graduate pencari kerja yang fresh from the oven seringkali mengeluh..nyari kerja jaman sekarang kok susah banget ya..
Nunggu panggilan dari perusahaan besar gak dateng-dateng..udah dipanggil untuk interview gak lolos-lolos.
Mau buka usaha sendiri rasanya terbentur keterbatasan pasar dan modal. Gak heran tingkat pengangguran tinggi dong..
Continue reading

Negosiasi Pakai Prinsip

Pernah dengar cerita tentang 2 orang anak cewek, si Ani dan si Beti, yang berebut sebuah jeruk ?
Ani berfikir bahwa dia butuh jeruk, jeruknya cuma satu dan Beti juga mengincar buah jeruknya. Ani berpikir gimana caranya agar dialah yang mendapatkan jeruknya, bukan Beti. Beti sebaliknya juga memikirkan hal yang sama dengan Ani.
Terjadilah diskusi dan negosiasi di antara keduanya. Awalnya ngomong pelan bergantian, habis itu ngomong kenceng barengan dan ujung-ujungnya berebut si buah jeruk, physically.
Proses ‘negosiasi’ ini diakhiri dengan buah jeruk yang nyaris hancur terbagi dua dalam kondisi rusak, kotor dan nggak sama rata belahannya.
Cerita ini diakhiri dengan episode Ani makan buah jeruknya dan membuang kulitnya karena dia lagi pingin makan yang seger-seger, sedangkan Beti membuang buahnya dan membawa pulang kulitnya karena dia lagi belajar buat kue di rumah.

Continue reading

Beda mendasar cara sukses di sekolah dan di karir

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan tipikal seorang fresh graduate.
Atau bisa jadi kepenasaran seorang lulusan cumlaude universitas terkemuka yang bingung kenapa semua jurus kesuksesan selama kuliah seperti gak bisa dipake ketika merintis karir di dunia kerja.

Banyak yang menyimpulkan kenapa sukses di sekolah gak bisa dipake di karir adalah karena ada faktor SENIORITAS di dunia kerja.
Gak benar. Continue reading

Hedgehog Concept (Kompetensi + Passion + Economic Value = Great Result)

Good To Great-nya Jim Collins juga adalah salah satu buku favorit saya.

Sekumpulan tim riset yang mengevaluasi entah berapa ratus perusahaan terkemuka yang pernah ada dalam sejarah. Mengidentifikasi perusahaan-perusahaan yang ‘Good’ mungkin mudah, tapi bahwa mereka berhasil menarik benang merah perusahaan-perusahaan yang ‘Great’ dan kenapa mereka berhasil menelorkan pencapaian luar biasa itu dalam sejarah, itu yang luar biasa..

Entar lah tentang buku itu.
Sekarang saya lagi pingin ngupas agak dalam tentang salah satu aspek di buku itu yang menurut saya gak cuma relevan dengan perusahaan, tapi aplikatif juga di pengembangan diri. Continue reading