Mau sukses kayak Wal-Mart ? Meeting rutin lah setiap Sabtu jam 6 pagi !

Saya sering ngebayangin kunci sukses perusahaan-perusahaan ngetop itu kayak lagi nonton film Hollywood : ada satu superhero yang melakukan hal yang super dahsyat untuk membuat sebuah perubahan besar. Pada kenyataannya setelah membaca sana-sini, rata-rata kunci sukses perusahaan-perusahaan ngetop itu lebih karena mereka melakukan satu hal yang sebenernya nggak aneh-aneh banget, tapi sukses jadi pembeda dan dilakukan dengan konsisten. Lebih lucunya lagi rata-rata mereka nggak nyadar bahwa hal itu jadi kunci sukses di masa depan. Kalo ditanya lebih lanjut, mereka nyebut anugerah Yang Maha Kuasa atau keberuntungan atau sebangsa itulah.

Wal-Mart juga nggak jauh beda. Retailer terbesar di Amerika, perusahaan dengan Market Capitalization nomor 5 di dunia dan dengan jumlah karyawan terbanyak (mempekerjakan sekitar 2 juta orang), ini juga nggak mikir yang aneh-aneh waktu memutuskan melakukan sebuah hal yang di kemudian hari dianggap sebagai salah satu keputusan bisnis terhebat sepanjang masa. Dan kelak dikenal sebagai sebuah sesi meeting reguler paling legendaris.

Tahun 1962, Sam Walton, founder Wal Mart, memutuskan untuk mengadakan weekly sales meeting setiap hari Sabtu jam 6 pagi. Nggak semua orang suka sama ide ini, bahkan istri Walton sendiri awalnya nggak setuju.

Alasan kenapa diadakannya Sabtu pagi jam 6 juga karena beberapa alasan simple. Pertama, Walton ngerasa semua orang yang kerja di bisnis retail harus kerja pas weekend, saat lagi banyak-banyaknya konsumen belanja. Menurut dia nggak adil kalo yang kerja weekend cuma karyawan di lapangan, manajemen juga pada prinsipnya harus ikutan. Kedua, kenapa pagi karena dilakukan sebelum toko buka, jadi nggak ganggu kerjaan rutin. Dan yang ketiga, ini yang menurut saya paling ngasih pengaruh besar ke bisnis, meeting ini isinya adalah evaluasi hasil sales minggu lalu dan rencana sales minggu depan. Hari Sabtu adalah hari yang paling ideal karena hasil minggu berjalan udah keluar dan kompetitor umumnya baru mulai buat plan sales di hari Senin. WalMart jadinya bisa buat plan dua hari lebih awal dibanding kompetitornya. Dan ini impact-nya besar.

Begitulah, hal simple yang dilakukan terus dengan konsisten ini terbukti¬† berbuah manis. Dan meeting Sabtu pagi-nya WalMart yang terus dilakukan secara konsisten selama lebih dari 40 tahun ini semakin terkenal dan sering jadi bahan pembicaraan orang. Cara meeting-nya semakin berkembang, direlay juga pake video ke beberapa cabang Wal-Mart. Isi meeting-nya juga semakin beragam. Meetingnya juga dibuat semakin seru dan bermanfaat dengan mengundang pembicara ngetop dari luar seperti Jack Welch (mantan CEO-nya GE), Tom Cruise dan Texas Tenors yang jadi finalis America’s Got Talent.

Pada akhirnya memang benar bukan hal-hal besar dahsyat yang membuat perubahan besar. Tapi hal-hal kecil bermanfaat yang dilakukan secara rutin, konsisten dan berkomitmen.

#BePositive

Ditulis di Denpasar, Jakarta dan Bandung,

Andi.

Advertisements

One thought on “Mau sukses kayak Wal-Mart ? Meeting rutin lah setiap Sabtu jam 6 pagi !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s