Masa muda sebelum masa tua dan hubungannya dengan ICU

Banyak nasihat untuk memanfaatkan masa muda sebelum datangnya masa tua.. Yeah right..;)
Cuma mau share aja pengalaman (dan reminder) pribadi..sebuah momen yang tak terlupakan 9 tahun yang lalu..

Ibu saya nelepon di suatu malam..pakde yang di Lampung sakit. Udah dibawa pake ambulans dari Lampung, saat ini dirawat di ICU RS Kanker Dharmais ditemani bude (istrinya). Ibu minta saya untuk nengok sekalian mewakili keluarga di Bandung.
Malam esoknya, berkunjunglah saya ke sana. Gamang juga sebenernya..perasaan yang sama tiap datang ke ICU rumah sakit..

Dan ternyata..ICU RS Kanker Dharmais ini lebih dramatis dari seluruh pengalaman saya ke ICU-ICU lain sebelumnya.. No surprise, actually..but still..baru lewat ruangan besar tempat bersemayamnya para penunggu aja rasanya udah beda. Bude menyambut saya dengan keriangan dan kelembutannya seperti biasa. Selain matanya yang tampak lelah, gesture sama gesit gerak-geriknya sih sama aja seperti yang saya kenal.
Kita bertukar cerita sejenak, setelah lebih dari 10 tahun nggak ketemu, kemudian beliau mengajak saya ke dalam ruang ICU. Nggak bisa ketemu langsung ternyata , pengunjung cuma bisa melihat dari balik ruang kaca seperti di ruang bayi.. Suasananya bener-bener membuat nggak nyaman hati.. Seperti sedang di alam mimpi.

Pakde sedang tidur. Orang yang saya kenal berbadan tinggi besar itu sudah terlihat sangat kurus..umurnya belum 50 tahun..
Di tengah suasana yang nggak kayak di dunia itu,  bude melanjutkan ceritanya dan memberikan sebuah nasihat yang nggak akan pernah bisa saya lupakan..

Mas, pakde dulu kuat sekali merokoknya. Sehari bisa dua sampe tiga pak dan hobi sekali begadang. Sering baru tidur sekitar jam 3 pagi. Waktu muda badan kita kuat mas, begitu mulai tua baru semua akibat negatifnya terasa

Degg…!!

Sambil berjalan pulang.. Saya janji sama diri sendiri : nggak mau begadang tidur di atas tengah malam, nggak akan merokok dan serutin mungkin berolahraga.

Kalo umur sih kuasanya Allah..kalo emang waktunya sudah sampe ya sampe aja kapanpun dan dengan cara apapun, titik. Tapi masak iya sih kita sia-siakan anugrah rejeki masa muda kita sebelum datangnya hari-hari tua nanti ?

#BePositive

Ditulis di Jakarta dan Medan,
Andi.

Advertisements

4 thoughts on “Masa muda sebelum masa tua dan hubungannya dengan ICU

  1. Terimakasih sharing pengalaman & remindingnya Mas Andi 🙂
    Jadi mengingatkan saya juga ikhtiar hidup lebih sehat, karena kesehatan tubuh juga adalah amanah yang harus dijaga kesehatannya,

    Salam kenal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s