Socialnomics : Social Media dan apa yang diubahnya dari hidup kita

Demam Social Media emang udah kerasa dimana-mana. Yang sering nggak disadari itu impact-nya ke dalam kehidupan. Biasanya sih ilmu yang menganalisis motif-motif orang melakukan sesuatu itu adalah ilmu ekonomi. Dan ternyata ada banyak hal menarik yang bisa dikaitkan antara Social Media dan Ecomomics. Itulah awalnya ada istilah Socialnomics.

Eric Qualman nulis buku yang seru tentang Socialnomics ini. Ada banyak hal menarik dia ceritakan, tapi saya ulas sebagian kecil aja ya..hal-hal kecil yang terasa nyata di kehidupan kita. Yang gede-gede mengubah peradaban dan bisnis dunia sih udah banyak yang ngebahas, lah..

Jadi dia memulai tulisan dengan mengangkat ide World of Mouth. Sangking seriusnya istilah ini diregister paten sama dia 🙂

Semua orang udah tau bahwa salah satu media marketing yang paling efektif itu Word of Mouth. Qualman bilang Word of Mouth yang disuntik pake digital steroid itu jadinya World of Mouth.. Qualman mencoba menjawab komentar skeptis orang-orang yang belum paham Social Media dan menganggap aktif di Social Media cuma buang-buang waktu aja.

Ada banyak hal yang bermanfaat dari Social Media untuk kehidupan kita sehari-hari :

  1. Obat efektif anti mati gaya. Nggak pernah kesepian walaupun sendirian (walaupun) untuk waktu yang lama. Pengalaman pribadi.. Airport adalah salah satu tempat favorit saya. Di samping karena emang dasarnya saya seneng jalan, tapi airport adalah tempat kita punya banyak waktu untuk sendiri, baca-baca, update-update..dan koneksi internetnya terjamin kenceng-kenceng.
  2. Selalu bisa deket dengan temen/keluarga dalam jarak ‘yang cukup’. Fisik nggak perlu dekat tapi conversation tetap terjaga. Dan yang powerful dan efektif dari Social Media sebenernya juga adalah Power of Passivity. Kita bisa dengan bebas memilih mau baca aja, mau komen, mau ngasih jempol atau apapun. Ini kan yang nggak ada di sesi ketemuan fisik ? Ketika ada orang presentasi atau ngajak ngomong, kita kan ‘diminta’ untuk memperhatikan (dan menanggapi). Orang tua juga bisa berinteraksi dengan anak-anak mereka secara efektif dan efisien, terutama yang ABG tuh. ABG kan mana mau keseringan diintervensi dan ditanya-tanya ortu-nya yang kepo..pasti jadi defensif atau minimal jawabannya basa-basi. Tapi dengan Power of Passivity itu, orang tua bisa dengan mudah memposisikan diri jadi temen dekat dan juga bertindak sebagaimana seorang temen dekat berinteraksi di Social Media.
  3. Social Media bisa ‘menonjolkan’ setiap orang sesuai dengan passion-nya. Misalnya, kalo seseorang cinta mati sama batik, dia bisa buat blog batik yang canggih dan pasti dibuatnya ‘pake hati’.  Mulai dari sejarah, introduction sampe rekomendasi. Pengunjung blog-nya yang pastinya pecinta batik juga pasti nyambung lah ngobrolnya. Yang punya blog seneng punya temen baru dan dapat informasi, ilmu baru dan prospek baru..yang dateng ke blog-nya juga senang dapet kenalan seminat, nggak perlu kemana-mana lagi nyari seluruh informasi yang dia pingin cari.
  4. Semua orang tau senjata utama Google adalah Search Engine-nya. Tapi ada yang tau ancaman terbesar Google Search ? Social Search. 90% orang memutuskan membeli sesuatu karena rekomendasi temennya..bandingkan dengan advertising (apapun bentuknya) yang cuma 14%. Jadi kalo cuma product awareness aja mungkin advertising masih efektif. Tapi tau produk aja kan nggak cukup..begitu urusannya udah keputusan beli, tetep aja rekomendasi temen dan keluarga dekat adalah penentu utamanya.
  5. Social Media adalah salah satu penyembuh Social Schizophrenia. Tau apa itu ? Orang yang punya dua atau lebih kepribadian. Misalnya nih..di kantor bisa jadi dia geek pendiam berkacamata, tapi di luar kantor aslinya dia ratu pesta 🙂 Menurut Qualman, energi optimal seseorang akan keluar maksimal kalo dia jadi ‘satu orang’ yang paling ‘dia banget’.

Selamat ber-Social Media untuk mengubah dunia..

#ActCreative #BePositive

Ditulis di Jakarta,

Andi.

Advertisements

One thought on “Socialnomics : Social Media dan apa yang diubahnya dari hidup kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s