Strategi dan Implementation Plan.. Apaan sih bedanya ?

Kadang walaupun udah belajar bahkan kuliah MBA, kita suka gak dengan mudah bisa menjelaskan apa itu definisi Strategi. Kadang definisinya campur aduk sama Implementation Plan 🙂

Ada buku bagus, yang saya rekomendasikan buat temen-temen yang pernah belajar strategi atau pernah ngambil MBA. Yang ngeluarin Harvard Business Review, judulnya “Strategy. Create and Implement the Best Strategy for Your Business”. Buku ini emang agak advance, maksudnya harus pernah belajar atau pernah paham materi terkait kuliah MM atau MBA. Buat yang udah pernah kuliah MM atau MBA, buku ini komplementer yang bagus banget.

OK balik ke topik.. Pertanyaan menarik pertama : Apa sih bedanya Strategi sama Implementation Plan ? Simplenya sih begini : Strategi adalah rencana untuk Doing the Right Things, sedangkan Implementation Plan adalah rencana untuk Doing Things Right.

Terdengar familiar ? Yang pernah belajar Leadership pasti inget.. Doing the Right Things itu tugas Manager, kalo Doing Things Right itu tugasnya Leader 🙂 Kira-kira dilihat dari sudut pandang itu juga bisa sih.. Strategi nge-link ke Manager, sedangkan bagian yang make it happen itu tipikal tugas seorang Leader.

Pertanyaan berikutnya.. Punya Strategi itu wajib nggak sih ? Dibilang wajib sih nggak ya..bisa-bisa aja ngejalanin bisnis pake intuisi misalnya. Masalahnya intuisi itu susah diukur : masih relevan dengan kondisi market sekarang atau nggak ? Atau kalo kesasar apa yang harus kita lakukan untuk mengevaluasi kembali ke jalan yang benar ?

Strategi bisa juga didefinisikan sebagai formulasi untuk bersaing. Atau kalo menurut mbah-nya strategi, Michael Porter :

Strategy is a broad formula for how a business is going to compete

Atau sudut pandang yang lain lagi.. strategi itu mengumpulkan dan mengidentifikasi Competitive Advantage sebuah perusahaan dengan ngaca ke dalam (ngelihat Strength dan Weakness) dan juga memotret keluar (ngelihat Opportunity dan Threat) yang ada di luar sana. Terus dari situ ditimbang-timbang, celah mana yang mau diterobos dengan strategi yang tepat.

Nah..sekarang kaitannya Strategi sama Implementation Plan apaan ? Strategi yang bagus itu nggak bakal membawa kita kemana-mana kalo eksekusi/implementasi-nya nggak bagus. Iya lah..punya rencana bagus tapi nggak dieksekusi gimana juga ceritanya ? Nah, Implementation Plan itu terkait banget sama isu-isu yang sifatnya action, merealisasikan yang diinginkan : menanamkan culture yang kondusif buat menang di bisnis, mengelola resources, menempatkan orang yang tepat di posisi yang tepat, evaluasi dan pengukuran, setting insentif dan mencari alternatif solusi saat menemui jalan buntu dan lain-lain..

Begitu.. Mudah-mudahan membantu ya.. Selamat membuat strategi bagus dan mengimplementasikannya 🙂

#ActCreative #BePositive #PalingIndonesia

Dibuat di Jakarta,

Andi.

Advertisements

One thought on “Strategi dan Implementation Plan.. Apaan sih bedanya ?

  1. Strategy kaenya how to, tips and trick base on 5W 1H yg bisa dilakukan indra ke 5 plus indra ke 6 secara naluri melihat faktor internal dan eksternal environment that significantly makes great impact pada objectives dari Strategy tsb dibuat…..kalo implementation plan kaenya sebuah fase mulai dari pra rencana, rencana dan post rencana yg berisi hal2x teknis detail and tangible for measurement later…..just my 2 cents from expelled MBA,MM student…. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s