Membuat presentasi itu bukan cuma urusan membuat slide..

Ada satu lagi buku menarik. Judulnya “HBR Guide to Persuasive Presentations”. Yang nulis Nancy Duarte. Dia punya perusahaan yang kerjaannya menarik. Dalam bahasa saya kerjaannya adalah : nerima order membuatkan presentasi secara profesional πŸ™‚ Plus tentunya dia memang seorang presenter yang sangat berpengalaman. Nah, pengalamannya membuat dan membawakan presentasi secara profesional itulah yang dia share di buku ini.

Ada 3 hal yang ditekankan Duarte dari awal banget :

  1. Bintang utama dalam sebuah presentasi adalah bukan presenter-nya tapi audience-nya.
  2. Paradox : semakin pendek waktu presentasinya umumnya butuh waktu persiapan yangΒ  semakin panjang.
  3. Presentasi itu bukan cuma urusan buat slide.

Jadi begini..

Yang poin pertama cukup straight to the point. Mau sehebat apapun seorang presenter, pada akhirnya ukuran suksesnya sebuah presentasi adalah perubahan apa yang dihasilkan atau adakah aksi lanjutan dari audience presentasi setelahnya. Kalo presenter-nya sih sesudah presentasi pada dasarnya selesai kerjaannya πŸ™‚

Yang kedua dengan manis dijelasin sama quote ini :

“If I am to speak for ten minutes, I need a week for preparation; if fifteen minutes, three days; if half an hour, two days; if an hour, I am ready now”

Woodrow T. Wilson

Menurut Duarte, bagian paling susah, paling makan waktu dan paling butuh pemahaman mendalam dari mbuat presentasi itu bukan mengumpulkan dan menuliskan materi presentasinya, melainkan justru membuang konten yang nggak relevan dengan konteks tujuan presentasinya πŸ™‚

Yang poin ketiga, Duarte menegaskan kalo inti dari presentasi itu bukan cuma urusan buat slide-nya. Buat slide itu hanya salah satu dari tujuh urutan langkah mbuat presentasi. To be exact, mbuat slide itu ada di belakang..di langkah ke-lima.

Ke tujuh langkah membuat presentasi menurut Nancy Duarte adalah :

Langkah pertama : Audience. Harus bisa membangun empati/memahami sudut pandang dan kepentingan audience.

Langkah kedua : Message. Harus bisa jelas pesan yang ingin disampaikan dan gimana bisa menyampaikan pesannya secara persuasif.

Langkah ketiga : Story. Setelah punya pesan, struktur penyampaiannya harus diperhatikan dalam runutan cerita yang membuat audience ikut terlibat di dalamnya.

Langkah keempat : Media. Identifikasi media yang tepat untuk mengkomunikasikan pesan dan cerita tersebut. Presentasi adalah salah satu pilihan media, tapi belum tentu yang paling efektif. Dalam banyak kesempatan bisa jadi email atau pertemuan empat mata adalah media yang jauh lebih efektif dan efisien untuk menyampaikan pesan dibandingkan dengan presentasi di tengah audience besar.

Langkah kelima : Slides. Nah, ini dia.. Memvisualisasikan dalam bentuk slide itu baru ada di langkah kelima. Bagaimana caranya supaya audience bisa dengan mudah menangkap dan menyerap pesan dan cerita. Kunci slide yang bagus adalah di kesederhanaannya. Slide rumit umumnya hanya presenter-nya yang ngerti, audience-nya sih boro-boro membawa perubahan wong ngerti aja nggak..:)

Langkah keenam : Delivery. Kunci kesuksesan di sini adalah bagaimana menyampaikan presentasi se-autentik mungkin. Tulus ala kita, pesannya disampaikan tanpa perlu pake topeng-topengan.

Langkah ketujuh : Impact. Penting juga untuk menutup seluruh step presentasi ini dengan mengukur impact presentasi kita kepada audience. Ngukur impact ini bisa dengan ngobrol-ngobrol setelah sesi presentasi atau bisa juga dicek, siapa tau presentasinya jadi trending topic-nya di Social Media πŸ™‚

Begitu.. Selamat membuat presentasi yang dahsyat impact-nya..

#ActCreative #BePositive

Ditulis di Jakarta.

Andi.

Β 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s