Milih pegawai baru sama milih direktur ternyata kriteria awalnya sama aja..

Tadinya saya pikir kriteria untuk milih fresh-grad jadi karyawan baru dibandingkan kalo milih seorang kandidat direksi bakal beda banget.
Tanggung jawab dan tantangannya pasti beda, kan ? Belum lagi kalo ngomongin kompetensi dan persaingan industri.

Ternyata nggak juga..
Kata Jack Welch, kriteria screening awalnya sama aja. Ada 3 hal : integrity, intelligence dan maturity
Kalo seseorang di manapun jenjang kariernya nggak lolos 3 kriteria itu, katanya, nggak usah buang-buang waktu melanjutkan yang bersangkutan ke proses seleksi tahap berikutnya.

Maksud 3 hal tadi (berikut salah kaprahnya) adalah begini…

Integrity gampangnya dilihat dari konsistensi ucapan dan tindakan seseorang. Omongan sama tindakannya sama.
Integrity juga bisa dilihat dari tanggung jawab mereka terhadap semua tindakan di masa lalu. Kalo memang ada kesalahan yang mereka buat, mereka nggak menyibukkan diri mencari kambing hitam dan melempar tanggung jawab ke sana-sini.
Sikap orang yang punya integrity kalau melakukan kesalahan adalah mengakuinya dan lebih menyibukkan diri mencari solusi untuk memperbaiki kesalahannya.

Intelligence dalam hal ini belum tentu ada hubungannya sama IQ..apalagi IP kuliah :p
Intelligence lebih terkait dengan rasa ingin tahu yang tinggi untuk mencari solusi masalah dan mampu efektif bekerjasama dengan orang-orang pinter dalam team.
Orang yang punya IQ tinggi dan lulusan cum-laude sekolah favorit akan dianggap nggak cukup punya intelligence kalo nggak cukup kreatif mencari solusi masalah dan nggak bisa bekerja efektif dengan orang-orang pinter lain di dalam team-nya.

Yang terakhir maturity.
Ini kayaknya yang paling sering di salah kaprahkan..
Maturity nggak ada kaitannya dengan usia dan senioritas. Pengalaman dan masa kerja mungkin bisa membuat seseorang jadi lebih mature. Tapi nggak ada jaminan, orang bisa jadi mature maupun immature di usia berapapun.
Maturity lebih relevan dilihat dari bagaimana sikap mereka di tengah tekanan dan kesulitan. Bisa juga dilihat bagaimana orang itu bangkit dari kegagalan.
Bahkan sebaliknya, orang mature juga bisa dilihat dari seberapa rendah hatinya ketika dia sukses.

Begitu.. 🙂

#BePositive

Ditulis di bandara Jakarta sambil nunggu pesawat ke Solo.
Andi.

Advertisements

3 thoughts on “Milih pegawai baru sama milih direktur ternyata kriteria awalnya sama aja..

  1. ijin mampir nemu dari google
    Integrity -Intelligence -maturity : sangat susah menemukannya , jika screening awal sudah dipagari dengan batas usia, dan IPK … Suatu kombinasi yang sempurna jika mendapatkan karyawan dg 3 kombinasi .. terutama maturity

  2. terima kasih atas informasinya 🙂
    butuh proses untuk mendapatkan “maturity”
    tapi di lapangan, lebih banyak soal psikotest yang isinya mencari tahu mengenai kepribadian. Meskipun itu mencakup 3 kriteria di atas, tapi saya rasa tidak semua.. 🙂 justru lebih ke IQ..
    ya, hanya menurut saya lho 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s