Temukan Pekerjaan Yang Tepat dan Anda Tidak Akan Pernah Bekerja Lagi

Hampir semua eksekutif top, kalau ditanya tentang masa-masa awal karir mereka jawabannya mirip-mirip : ketawa geli.
Jalan karir orang memang nggak ada yang bisa nebak.
Katanya malah kalo orang yang sudah punya rencana karir yang pasti, hampir pasti orang itu adalah orang yang gak menarik diajak ngobrol..boring abiss 🙂

Beberapa orang memang beruntung bisa langsung menemukan pekerjaan yang tepat di awal-awal karirnya, tapi sebagian besar orang harus menempuh jalan berliku untuk berlabuh pada pekerjaan yang tepat.
Anyway, sebenernya yang penting bukan masalah cepat atau lambat nemuinnya…
Lebih penting adalah untuk menemukan : apakah saat ini kita sudah berada di pekerjaan yang tepat ? Atau andaikan belum, gimana caranya agar kita bisa cepat sampai pada pekerjaan yang tepat ?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, Jack Welch mengidentifikasi ada 5 SINYAL yang bisa memberikan indikasi apakah saat ini kita sudah berada di pekerjaan yang tepat atau belum.
Coba kita tanyakan 5 hal ini pada diri kita sendiri kemudian cek, apakah sinyalnya POSITIF atau NEGATIF.

Here we go…

Pertanyaan pertama terkait PEOPLE.
Coba cek bagaimana kita berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan kerja kita saat ini.
Sinyalnya POSITIF kalau : kita suka (secara tulus) dengan teman-teman kerja kita di dalam dan di luar kantor. Senang ngobrol-ngobrol dan kumpul-kumpul bareng.
Sinyalnya NEGATIF kalau : kita merasa harus selalu make ‘topeng’ waktu berinteraksi dengan teman-teman. Kita merasa ‘sudahlah yang penting kerja, gak perlu berteman dengan orang-orang kantor’

Pertanyaan kedua terkait OPPORTUNITY.
Coba cek apakah pekerjaan sekarang memberi kesempatan kita untuk berkembang sebagai pribadi maupun profesional.
Sinyalnya POSITIF kalau : kita merasa bahwa pekerjaan kita akan membuat kita belajar banyak hal-hal yang kita belum tau. Kita merasa pekerjaan sekarang cukup menantang, dan untuk menjawab tantangan-tantangannya kita harus banyak belajar juga menimba pengalaman.
Sinyalnya NEGATIF kalau : baru di awal-awal kita udah dianggap sebagai orang yang paling ahli di bidangnya. Hasil-hasil pekerjaannya terlalu mudah buat kita kerjakan, kalau mau jujur, pekerjaannya nggak menantang..

Pertanyaan ketiga terkait OPTIONS.
Buat yang ketiga ini coba cek, apakah pekerjaan sekarang membuat kita nantinya bisa ‘membawa’ hal-hal yang berharga setelah kita meninggalkan pekerjaan ini. Ada nggak ‘credential’ yang bisa dibawa terus sepanjang jalan karir kita selanjutnya.
Sinyalnya POSITIF kalau : kita ada di industri atau bisnis yang bermasa depan. Ada skill dan kompetensi dasar yang bisa kita manfaatkan dan kembangkan di masa depan.
Sinyalnya NEGATIF kalau : industri atau bisnis tempat kita berkarir mulai menurun atau nggak menyediakan banyak pilihan karir di masa depan.

Pertanyaan keempat terkait OWNERSHIP.
Coba cek seberapa besar kita ‘memiliki’ pekerjaan yang sekarang.
Sinyalnya POSITIF kalau : pekerjaan yang sekarang adalah pilihan kita sendiri. Kita memahami dan baik-baik aja dengan berbagai konsekuensi pekerjaan ini.
Sinyalnya NEGATIF kalau : kita terpaksa memilih pekerjaan ini karena ‘desakan’ orang lain. Yang sering sih biasanya pasangan atau orangtua 🙂

Pertanyaan kelima terkait WORK CONTENT.
Coba cek hal-hal apakah yang membuat kita menikmati pekerjaan yang sekarang.
Sinyalnya POSITIF kalau : ‘isi pekerjaan’ kita mudah dinikmati. Berasa fun ngerjainnya. Atau kita merasa jadi orang yang berguna dan bermanfaat. Atau pekerjaan ini ‘menyentuh’ sesuatu di lubuk hati kita yang terdalam.
Sinyalnya NEGATIF kalau : pekerjaan sekarang berasa seperti ‘kerjaan’. Kita berkata dalam hati : ‘sudahlah, nggak apa sementara di sini aja sampai ada peluang baru datang’ atau ‘sudahlah, yang penting bayarannya OK’.

Selamat ngetes diri sendiri ! 🙂
Apapun hasilnya, absurd sekalipun, percayalah dengan semakin banyaknya pengalaman kita, proses penemuan ini akan semakin lama semakin mudah.
Dan ketika kita menemukan pekerjaan yang tepat itu, kita tidak akan pernah merasa bekerja lagi…

#ActCreative #BePositive

Ditulis di Semarang.
Andi.

Advertisements

3 thoughts on “Temukan Pekerjaan Yang Tepat dan Anda Tidak Akan Pernah Bekerja Lagi

  1. Pingback: Susah cari kerja karena lapangan kerja sempit ? Nggak benar ! | Come to light

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s